multazamwisata.co.id -Tiap bandara terutama bandara internasional biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan penumpang dari berbagai kalangan. Mereka yang berkebutuhan khusus atau disabilitas juga tak luput dari perhatian pengelola beberapa bandara.
Peduli kaum disabilitas, bandara di Arab Saudi ini pun menghadirkan fitur teknologi terbaru untuk memudahkan perjalanan traveler dengan kebutuhan khusus. Melansir Simple Flying, Minggu, 17 April 2022, Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi meluncurkan layanan interaktif bagi penyandang disabilitas.
Menariknya, layanan ini memungkinkan kaum disabilitas untuk berkomunikasi melalui bahasa isyarat dalam mengakses informasi terbaru di bandara. Melalui fitur tersebut, para penumpang berkebutuhan khusus bisa dengan mudah berkomunikasi dengan program kecerdasan buatan Artificial Inteligence atau A.I.
Khususnya komunikasi melalui sosial media seperti WhatsApp dan Twitter. Bandara Internasional King Khalid pun menjadi bandara pertama di Arab Saudi yang menghadirkan layanan canggih untuk memudahkan kaum disabilitas.
“Dengan meluncurkan versi terbaru dari layanan interaktif, kami bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penumpang melalui Bandara Internasional King Khalid,” terang CEO Bandara Riyadh, Mohammed bin Abdullah Al-Maghlouth.
“Saat ini kami menerapkan kecerdasan buatan untuk menciptakan pengalaman yang menarik melalui saluran sosial, serta memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan mudah bagi para penyandang disabilitas,” sambungnya.
MELAKUKAN PEMBAHARUAN
Adanya pandemi Covid-19 membuat bandara mau tidak mau harus berinovasi dalam penawaran digital untuk para penumpang. Nantinya, layanan obrolan interaktif ini akan terus diperbarui sehingga memberikan berbagai kemudahan bagi penumpang.
Aplikasi ini menggantikan paragraf teks yang panjang dengan menu tarik-turun bagi penumpang untuk memilih layanan yang diperlukan dengan cepat dan mudah. Para penumpang akan dapat dengan mudah menavigasi fitur, menanyakan tentang penerbangan, tarif layanan, dan informasi lainnya.
Hal itu membuat aplikasi tersebut dapat mendiversifikasi saluran komunikasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pihak bandara mengatakan, nantinya fitur interaktif ini akan tersedia untuk pengguna iOS maupun Android.
Meski telah diumumkan, sampai saat ini pihaknya masih belum mengonfirmasi terkait bahasa isyarat dari daerah apa yang hendak digunakan.
PLATFORM DIGITAL
Bandara Arab Saudi sendiri terus menghadirkan inovasi baru menuju transformasi layanan digital. Sebelumnya, baru-baru ini bandara tersebut juga telah meluncurkan sebuah platform digital bernama OFOQ untuk mengelola layanan di seluruh bandara.
Diumumkan di awal bulan ini, OFOQ akan bertindak sebagai database pusat untuk mengelola proses operasional bandara dengan membuatnya lebih ringkas menjadi satu platform.
Pihak bandara menyatakan bahwa platform tersebut akan memungkinkan tindakan proaktif dan berbasis data, membantu meningkatkan perencanaan, meminimalkan gangguan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
“Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transformasi digital, kami senang telah meluncurkan platform digital terbaru kami OFOQ. Platform ini akan bekerja untuk memastikan efisiensi operasional, keberlanjutan, dan meningkatkan pengalaman penumpang secara keseluruhan,” jelas Al-Maghlouth.
Sumber : liputan6.com